Manfaat Buah Kurma (Bersyukur Menerima)

image

Berbuka puasa dengan kurma merupakan sunnah dariNabi Muhammad SAW. Selain mendapatkan pahala, ternyata berbuka dengan kurma juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang ditemukan jauh setelah Nabi SAWmelakukannya. Berikut kelebihan dari kurma,

• Kurma mudah dicerna dan tidak membutuhkan banyak energi untuk mencernanya dalam perut sehingga mudah diserap.

• Kurma mengurangi rasa lapar, sehingga membuat orang yang berbuka puasa tidak terlalu banyak makan dan terhindar dari penyakit pencernaan.

• Kurma mempersiapkan pencernaan untuk menerima makanan setelah tidak aktif seharian dengan mengaktifkan produksi enzim-enzim pencernaan.

• Kurma kaya akan energi dari gula sehingga tubuh mendapatkan glukosa untuk sel otak dan saraf dengan cepat.

• Kurma melindungi orang yang berpuasa dari sembelit karena perubahan waktu makan selama puasa maupun karena kekurangan serat dalam makanan.

Apa yang direkomendasikan Nabi Muhammad SAW kepada kita berasal dari Allah SWT yang menciptakan tubuh kita, sehingga paling mengetahui apa yang terbaik untuk tubuh. Jika kita menirukan apa yang disunnahkan oleh Nabi SAW kepada kita, Insya Allah banyak manfaat dan kebaikan yang kita dapatkan…

Beberapa Keajaiban Berpuasa..

image

Puasa identik dengan menahan rasa lapar dan haus selama beberapa waktu. Namun sebetulnya, dibalik perjuangan berpuasa, tersimpan beberapa manfaat ajaib yang bisa membuat Anda lebih tenang, sehat dan terarah ketika berpuasa. Dilansir dari All Women Talk, berpuasa juga sebenarnya adalah salah satu gaya hidup yang bisa membuat Anda lebih sehat dan panjang umur.

Namun karena kesibukan yang melanda, kadang kita memang memilih untuk tidak berpuasa. Logikanya, kalau kita sibuk, kita butuh banyak energi, terutama cairan. Sementara itu, saat kita sedang puasa, tubuh memang mudah lemas dan mengantuk.

Puasalah di waktu yang memang Anda yakini. Karena ada beberapa manfaat ajaib yang bisa membuat Anda lebih tenang, sehat dan terarah. Seperti beberapa manfaat yang berikut ini.

1. Melatih Kekuatan Spiritual

Dalam kebiasaan umat muslim, memang ada bulan puasa yang mampu meningkatkan hawa spiritual dalam diri kita. Namun tanpa dilakukan di bulan puasa pun, puasa memang bisa membantu kita melatih ketajaman jiwa dan perasaan.

Misalnya karena puasa, kita jadi lebih tahan diri dari emosi. Selain itu kita juga kita lebih fokus dalam berkomunikasi dengan diri sendiri. Namun ingat, semua ini bisa terjadi asal kita sungguh-sungguh melakukannya.

2. Mengeluarkan Racun

Manfaat lain dari melakukan puasa adalah kita mampu mengeluarkan racun dari tubuh. Dilansir dari All Women Stalk, saat tubuh tidak mengolah makanan, tubuh kita berkonsentrasi dalam memperbaiki sel dan menyembuhkan tubuh yang sakit.

Dalam hal ini, tubuh juga mengeluarkan racun dan sisa-sisa makanan. Saran kami, banyak minum air putih daripada minuman manis saat Anda melakukan puasa. Air putih bisa membantu detoksifikasi tubuh dengan lebih lancar

3. Menghentikan Kecanduan Makanan

Saat Anda terbiasa puasa atau melakukan puasa dengan hari yang selang-seling selama beberapa hari saja, hal ini bisa membantu Anda untuk tetap menjaga kebiasaan makan selama puasa. Oleh karena itu, banyak orang mudah merasa kenyang saat berbuka puasa.

Memang kebiasaan makan tersebut akan berganti seiring kita mengubah pola makan pada puasa. Yang tadinya doyan makan banyak, kini jadi membatasi diri. Yang tadinya doyan makan manis atau pedas, kini agak berkurang kebiasaannya.

4. Istirahat

Saat kita puasa, yang kita lakukan adalah memberi kesempatan pada pencernaan dan tubuh untuk beristirahat. Sehingga tubuh bisa memperbaiki diri dan menjadi lebih sehat. Oleh karena itu banyak orang yang disarankan puasa agar tetap sehat.

Salah satu saran yang penting saat Anda memang sedang puasa adalah jangan melakukan aktivitas yang terlalu keras atau terlalu lama dipapar sinar matahari. Bila Anda memang punya waktu untuk istirahat atau meditasi, gunakan sebaik mungkin karena hal itu membantu tubuh Anda untuk menyembuhkan diri.

5. Menambah Energi

Meski puasa itu kelihatannya tidak makan selama beberapa jam, sebenarnya puasa membantu kita untuk lebih berenergi. tubuh jadi lebih kuat karena selama beberapa hari puasa, tubuh lebih bersih dari toksin dan tidak mudah mengantuk.

Tips di hari pertama puasa yang memang akan terasa berat, jangan banyak melakukan aktivitas yang membuat Anda kelelahan. Coba lakukan aktivitas ringan, sekalipun Anda di kantor. Jangan khawatir, tubuh kita didesain untuk bisa beradaptasi dengan puasa.

6. Jadi Lebih Sabar

Kita jadi sosok yang lebih sabar karena puasa memang membantu kita mengontrol hawa nafsu dan emosi. Selain menahan nafsu makan, kita juga jadi lebih banyak menggunakan kekuatan spiritual untuk berpikir hal yang baik.

Namun tentu saja hal ini tak terbentuk secara instan, ada progres dan proses yang perlu Anda jalani untuk mendapatkan jiwa yang lebih sabar dan tenang. Bila perlu, perbanyak kegiatan spiritual agar puasa Anda juga bisa bernilai ibadah…

Agar Tetap Semangat Dalam Bekerja Meski Berpuasa..

image

Etos kerja di bulan Ramadhan cenderung menurun. Hal ini mungkin dikarenakan pola makan dan istirahat orang yang berpuasa sedikit berubah. Meskipun seharusnya puasa itu bukanlah sesuatu yang menghambat kita untuk bekerja seperti biasa.

Nah, guna menjaga agar tubuh tetap sehat dan bersemangat saat berpuasa, berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan dilansir dari laman berjibaku.com.

1. Makan sahur
Sahur merupakan suatu kegiatan makan malam yang dianjurkan sebelum berpuasa (sunnah) karena dengan sahur, maka kebutuhan tubuh akan gizi disaat berpuasa akan tetap tercukupi. Sahur yang sehat tentunya bukan berarti makan dengan porsi yang banyak, akan tetapi menu sahur sehat adalah menu sahur yang memiliki nilai kecukupan gizi bagi tubuh dalam satu hari.

Jadi hal pertama yang Anda mesti lakukan akan tetap semangat saat berpuasa adalah dengan bersahur. Jika memang dibutuhkan, Anda juga bisa mengkonsumsi vitamin atau pun suplemen gizi tambahan bagi tubuh.

2. Konsumsi air putih
Tubuh manusia memiliki kandungan air dengan porsi lebih dari 60%. Meskipun saat berpuasa, jagalah selalu kecukupan tubuh akan air putih agar terhindar dari dehidrasi, misalnya dengan mengkonsumsi air putih yang cukup saat sahur serta tetap mengkonsumsi air putih yang cukup saat berbuka.

Selain penting untuk mencegah dehidrasi, air putih juga dibutuhkan oleh organ-organ tubuh terutama yang berfungsi sebagai filtrasi tubuh seperti ginjal dan hati.

3. Jaga pola tidur
Pola tidur menjadi salah satu hal penting yang harus di jaga. Meskipun bulan Ramadhan kali bertepatan dengan Piala Dunia 2014, namun jangan sampai Anda kekurangan waktu tidur sebab kurang tidur memiliki efek yang negatif bagi tubuh. Efek negatif yang dapat timbul jika seseorang kurang tidur diantaranya adalah badan menjadi cepat letih, lemas serta mengganggu konsentrasi serta daya ingat. Oleh sebabnya aturlah waktu tidur agar tetap cukup sehingga produktivitas saat bekerja dapat terjaga dengan baik.

4. Niatkan hati
Niat adalah landasan utama dari sebuah kesuksesan, begitu juga halnya saat berpuasa sebab dengan niat yang tulus dan ikhlas semua rintangan seberat apapun tentu tak akan menjadi sebuah halangan yang berarti lagi. Namun jika sedari awal tidak dibarengi dengan doa serta niat puasa yang baik dan ikhlas, tentu rintangan kecil pun akan menjadi besar dan niscaya berpuasa pun akan menjadi hal yang berat untuk dilakukan. Jadi niatkanlah hati untuk beribadah dengan tulus dan ikhlas yang semata-mata hanya mengharap ridho-Nya.

5. Kerja adalah ibadah
Tahukah Anda jika bekerja juga merupakan sebuah ibadah?. Ya, bekerja untuk mencari nafkah di dalam Islam merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslim. Bahkan ada pepatah dalam Islam yang mengatakan “beribadahlah seakan-akan esok kematian menjemput, dan bekerjalah sekerasnya seakan-akan hidup seribu tahun lagi”.

Tips Mengusir Rasa Ngantuk Saat Berpuasa..

image

Mereka yang berpuasa harus bangun lebih pagi untuk santap sahur, kemudian disusul dengan ibadah salat subuh, dan tidak beberapa lama harus bersiap memulai aktivitas seperti bekerja atau sekolah.

Lalu bagaimana mengatasi rasa kantuk, padahal Anda tengah beraktivitas? Nah, informasi berikut adalah beberapa caranya :

1. Lakukan peregangan: Meregangkan badan dapat membantu kerja aliran darah ke seluruh tubuh, terutama pada bagian kepala. Lakukan peregangan secara teratur. Anda bisa meregangkan tubuh dengan cara yang sederhana ditambah memberi pijatan pada area kepala dan juga wajah. Lakukan hal tersebut paling tidak satu jam sekali.

2. Jangan hanya diam di tempat: aktivitas yang hanya memungkinkan Anda untuk diam di tempat memandang layar komputer hanya akan membuat rasa kantuk semakin menjadi. Selain melakukan peregangan, Anda bisa sedikit berjalan-jalan di sekitar area kantor.

3. Segera wudhu dan salat misalnya saat salat Dzuhur tiba.

4. Tidur siang sejenak: waktu istirahat dapat Anda manfaatkan untuk tidur siang sejenak. Meski tips ini adalah paling efektif, namun sebaiknya Anda jangan tidur siang terlalu lama. Selain dapat membuat tubuh menjadi lemas, tidur siang yang panjang juga akan mengganggu aktivitas Anda.

Atasi Mabuk Perjalanan Anda Dengan Konsumsi Makanan Ini

image

Hari raya Idul Fitri sudah mendekat. Satu hal yang tidak akan terpisahkan dari lebaran adalah tradisi pulang ke kampung halaman atau mudik bagi para perantau. Berbagai jalur transportasi akan ramai dipadati masyarakat selama musim mudik. Menempuh perjalanan yang cukup jauh serta menikmati macetnya lalu lintas bersama keluarga menjadi satu momentum yang paling ditunggu oleh pemudik.

Namun tak jarang, rasa mual atau mabuk perjalanan juga kerap kali mengganggu keharmonisan perjalanan mudik Anda. Nah untuk mengatasinya, ternyata terdapat beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi sebelum berangkat mudik agar perjalanan Anda tidak terganggu.

Dilansir dari boldsky.com, berikut beberapa makanan yang dapat mengatasi mabuk perjalanan.

1. Jahe

Jahe merupakan bahan antiemetik yang sangat ampuh dalam menghentikan muntah Ladies. Sebelum bepergian atau saat sahur konsumsilah teh jahe. Ini merupakan salah satu cara yang paling alami untuk menghentikan muntah selama kehamilan.

2. Mint

Mintjuga sangat berguna mengatasi mual dan juga muntah saat dalam perjalanan jauh Ladies. Anda bisa mengonsumsi teh mint sebelum berangkat mudik. Anda juga bisa langsung mengunyah daun mint saja. Aroma dari daun mint akan mengatasi masalah mabuk perjalanan Anda.

3. Kayu Manis

Rempah-rempah yang satu ini ternyata juga sangat berguna untuk mengatasi mual dan muntah. Anda bisa mencampurkan kayu manis dengan teh dan meminumnya sebelum berangkat. Tambahkan madu untuk membuat rasanya semakin nikmat.

4. Air Beras

Air beras ternyata berguna untuk menetralisir asam lambung dengan lebih aktif. Ini akan membuat Anda berhenti mual dan muntah. Rebus beras dalam air dan biarkan mendidih selama beberapa menit. Dinginkan lalu minum air rebusan tersebut.

5. Jus Bawang

Haluskan bawang dan peras airnya. Campurkan dengan peppermint. Ini akan efektif sekali mengatasi mual dan muntah saat perjalanan jauh.

6. Cengkeh

Rempah yang satu ini juga sangat berguna mengatasi mabuk perjalanan. Kunyah saja cengkeh dan tambahkan sedikit madu. Ini akan mengatasi masalah mual Anda.

Itu tadi sedikit informasi yang mungkin berguna selama Anda melaksanakan mudik. Semoga bermanfaat ya….
 

Hindari Makanan Ini Saat Berpuasa..

image

Selama berpuasa, tentunya wajib bagi Anda untuk menjaga kesehatan dari makanan yang dimakan. Ada beberapa makanan yang perlu Anda hindari atau batasi konsumsinya, agar tidak mengganggu kesehatan saat berpuasa.

Seperti dilansir dari huffingtonpost.com, berikut adalah beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari selama menjalankan ibadah puasa:

1. Kurangi konsumsi junk food, atau makanan cepat saji. Pilihlah makanan ‘sungguhan’, seperti buah dan sayur yang lebih sehat.

2. Kurangi minum teh dan kopi menjadi setengah dari porsi biasanya karena minuman tersebut membuat cepat dehidrasi. Pilihlah minuman seperti jus buah, sup, dan air kelapa.

3. Hindari makanan asin dan banyak campuran rempah-rempah karena membuat cepat haus.

4. Hindari makanan goreng dan banyak gula. Makanan goreng mengandung banyak minyak, sehingga sulit dicerna. Jika Anda ingin sesuatu yang manis, gunakan madu asli atau buah yang manis.

5. Jangan makan karbohidrat terlalu berat. Ketika Anda mau memakan karbohidrat, pastikan ada makanan yang kaya protein seperti kacang-kacangan, ikan, daging, atau telur untuk menyeimbangkan makanan…

Kebiasaan Buruk Penyebab Kerutan Di Wajah..

image

Apakah telah muncul kerutan halus di wajah Anda? Hal ini mungkin terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat dan makanan yang Anda konsumsi. Kerutan di wajah yang belum pada waktunya bisa terjadi akibat kedua hal tersebut. Berikut adalah Kebiasaan Buruk Penyebab Kerutan Di Wajah.

Stress kerjaan

Tanpa disadari stress akibat pekerjaan atau banyaknya aktifitas yang Anda lakukan dapat menyebabkan Anda kelelahan dan berakibat pada kesehatan kulit Anda. Hentikan kebiasaan untuk multitasking atau melakukan pekerjaan secara bersamaan yang hanya akan beujung stress.

Gila dessert

Makanan serba manis yang mengandung gula memang lezat dan menggiurkan, namun juga bisa berakibat buruk pada gigi dan kulit Anda. Molekul yang ada didalam kandungan gula menempel pada sel tubuh kita dan mengakibatkan timbulnya glycation, yang bisa menyebabkan munculnya kantung mata, dan kerutan halus di wajah.

Kurang  tidur

Kurang tidur bukan hanya berdampak buruh kepada kesehatan tubuh namun juga tidak baik untuk kesegaran kulit wajah. Mata bengkak, lingkaran hitam dan kantung mata merupakan akibat dari kurangnya tidur. Jumlah waktu yang ideal untuk kesehatan kulit adalah 7 jam setiap harinya.

Tidak menggunakan krim mata

Salah satu cara ampuh untuk mengurangi kerutan di wajah adalah dengan menggunakan krim mata. Krim mata mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan kulit disekitar mata. Gunakan juga pelembab yang mengandung antioxidants, hyaluronic acid, dan  vitamin C.

Tidak menggunakan krim pelindung kulit (sunscreen)

Gunakan krim pelindung kulit setiap hari, jangan hanya rajin mengoleskan sunscreen saat liburan ke pantai saja namun juga oleskan pada kulit terutama wajah setiap hari. Sinar matahari merupakan salah satu penyebab utama kulit kering dan kerutan di wajah. Cegah kerutan dini di wajah dengan krim pelindung matahari.

Make-up berlebihan

Bahan yang terkandung dalam make-up dapat membuat pori-pori Anda nampak lebih lebar dan rusak. Untuk itu hentikan kebiasaan menggunakan make-up terlalu banyak pada wajah.

Tidur posisi wajah tertutup bantal

Hindari tidur dengan posisi wajah diatas bantal. Kolagen yang ada didalam kulit wajah bisa menjadi lemah dan menimbulkan kerutan dini.

Diet ketat yang salah

Mengurangi lemak saat diet bisa membuat kulit menjadi kering dan kurang sehat. Kandungan omega 3 dalam lemak jenuh yang banyak ditemukan dalam ikan (salmon dan makarel) bagus untuk kesehatan kulit.

Tips Tidur Nyenyak Sepanjang Malam..

image

Tidur penting untuk kesehatan tubuh, dan juga berfungsi untuk meningkatkan kesehatan otak serta energi untuk melakukan kegiatan dihari berikutnya. Namun, kadang Anda merasa kesal saat sulit untuk tidur pada malam hari, padahal Anda harus memiliki tidur yang bermanfaat agar Anda bisa bersemangat kembali untuk menjalankan aktivitas di esok hari. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa ritual yang bisa Anda jalankan untuk mendapatkan tidur malam lebih nyenyak.

WAKTU SANTAI

Miliki waktu santai satu jam sebelum Anda tidur pada malam hari. Ritual ini bisa Anda lakukan dengan cara minum air putih, atau bersantai sejenak di atas kasur. Selain itu, Anda juga bisa mendengarkan musik favorit yang dapat membuat Anda tidur lelap.

AKTIVITAS KECIL DALAM RUANGAN

Menurut National Sleep Foundatio, aktivitas kecil seperti aerobik secara teratur 10 menit akan meningkatkan kualitas tidur Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas kecil lainnya seperti Yoga yang dapat membantu Anda menjadi rileks.

BERHAYAL

Bukan berhayal yang tidak-tidak, disini Anda harus bisa berhayal bahwa seakan-akan Anda sedang tidur dan bayangkan pada keesokan harinya Anda akan menjalani hari yang lebih baik.

HINDARI KESIBUKAN SEBELUM TIDUR

Untuk dapat membuat Anda bisa cepat lelap dalam tidur, hindari hal-hal yang memang dapat merusak kualitas tidur Anda seperti, memeriksa email kantor, minum kafein, nonton tv, dan juga membaca bacaan yang rumit di baca.

KONTAK DENGAN SANG KEKASIH

Agar suasana sebelum tidur menjadi rileks, pastikan Anda melewati dengan orang yang Anda sayang. Sebelum tidur, Anda bisa mencium atau mengucapkan selamat malam kepada pasangan Anda agar tidur lebih nyenyap.

Tampil Cantik Meski Lagi Kaga Mood..

image

Un-mood memang membuat Anda menjadi malas melakukan segala hal, salah satunya adalah berdandan. Karena Anda harus tetap tampil cantik di depan banyak orang, berikut beberapa cara membuat Anda tampil cantik meski lagi gak mood.

LIPSTIK MERAH

Memilih warna merah atau jingga, bisa membuat Anda terlihat lebih segar dibanding Anda menggunakan lipstik yang bukan warna cerah.

NAIL ART

Ekspresikan suasana hati Anda dengan cat kuku yang berwarna cerah. Sehingga setiap Anda melihat kuku Anda sendiri, Anda bisa tersenyum ketika melihatnya.

PARFUM

Wangi-wangian dapat dipercaya sebagai peningkat mood dan mencerahkan suasana hati. Pilihlah aroma bunga atau buah seperti jeruk sehingga Anda menjadi wangi yang segar.

Mandi

Dengan berendam di bath up, Anda bisa mengumpulkan mood dengan cara bermain dengan gelembung-gelembung yang keluar dari sabun. Jangan lupa nyalakan juga lilin yang berbau aroma terapi di beberapa titik kamar mandi. Jika Anda mandi menggunakan air dingin, itu akan dapat mengembalikan mood Anda menjadi baik kembali, karena Anda akan menjadi segar.

OLAH RAGA

Olahraga secara rutin membantu Anda untuk bisa merasa lebih segar dan sehat, sehingga un-mood pun menjadi hilang dan Anda dapat menikmati hari-hari Anda.

Atasi Rasa Lelah Dengan 7 Langkah Mudah..

image

Rasa lelah akan menghinggapi kita ketika selesai melakukan aktivitas yang menguras energi baik itu tenaga maupun pikiran. Pada saat tubuh terasa lelah maka aktivitas yang akan kita lakukan selanjutnya bisa terganggu.

Cara termudah yang dapat kita lakukan untuk mengusir rasa lelah adalah dengan beristirahat sebentar. Ada beberapa aktivitas sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengusir rasa lelah, berikut diantaranya:

1. Biasakan untuk sarapan pagi sebelum memulai aktivitas. Dengan sarapan tiap pagi sebelum beraktivitas maka pikiran dan kondisi tubuh akan menjadi lebih stabil daripada mereka yang tidak sarapan. Sehingga rasa lelah pun dapat terkurangi atau bahkan hilang pada tubuh di sela aktivitas dengan rutin sarapan pagi.

2. Makanlah dengan teratur dengan makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita, baik itu karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Ini bisa menghindarkan tubuh dari rasa lelah sehingga kebugaran tubuh pun menjadi lebih terjaga.

3. Makanlah dengan makanan yang mengandung serat. Dengan memperbanyak makanan yang berserat maka akan memberikan energi lebih pada tubuh kita. Sehingga tidak mudah capek dalam segala aktivitas kita.

4. Minumlah air sesuai kebutuhan tubuh kita. Paling baik yaitu 8 gelas sehari bisa lebih. Air akan mempermudah aliran darah mengalir ke seluruh sel dan organ tubuh kita. Dengan peredaran darah yang lancar rasa lelah bisa berkurang.

5. Mendengarkan musik yang Anda sukai merupakan salah satu cara efektif untuk menghilangkan rasa lelah yang ada dalam tubuh. Jadi setelah selesai beraktivitas tidak ada salahnya mendengarkan musik yang Anda sukai dengan duduk santai. Ini akan membantu menghilangkan rasa lelah tersebut.

6. Melihat acara komedi yang ditayangkan di televisi juga mampu menghilangkan rasa lelah yang anda alami setelah beraktivitas. Dengan tertawa lepas semua beban pikiran dan lelah pada tubuh akan sirna tanpa Anda sadari.

7. Sebelum mandi setelah beraktivitas yang membuat Anda lelah, usahakan membasuh wajah dengan air dingin terlebih dahulu. Ini juga mampu membantu menghilangkan rasa lelah yang menghinggapi tubuh dan pikiran.