3 Dampak strees pada tubuh.. 

Mulai dari anggota tubuh yang tak berfungsi atau mengalami penurunan kualitas hingga penyakit yang tidak sembuh. Cek artikel ini untuk mengetahui apa saja yang dapat dihasilkan oleh stress pada tubuh Anda. 

 

Kuku yang Jelek 

Tidak hanya rasa gugup yang membuat seseorang gemar mengigiti kuku. Kuku juga bisa rusak dan rapuh karena alasan lain yang besar seperti perceraian atau kematian keluarga. Menurut Whitney Bowe, MD, dermatologis di NYC, ini disebut beau’s lines dimana saat seseorang merasa emosinya tegang, tubuh menarik energi dari sel-sel kuku untuk dialihkan ke organ tubuh lain yang lebih besar. 

Solusi: Konsumsi diet meal yang kaya akan protein seperti ikan, telur, makanan berbahan susu dan lentil yang sangat bagus untuk menguatkan kuku. Anda juga bisa meningkatkannya dengan mengkonsumsi asam omega-3 dan vitamin B yang dapat ditemukan di salmon, alpukat dan kacang-kacangan. Untuk melindungi kuku dari terkelupas atau patah, oleskan minyak bunga matahari atau almond di kutikula setiap malam untuk melembabkan sekaligus melindungi kuku. 

 

Flu yang Tidak Sembuh 

Penelitian di Carneige Mellon University menemukan bahwa menjadi stress dapat melipatgandakan peluang Anda terkena flu. Saat kita di bawah tekanan atau stress, tubuh akan memompa kortisol, dimana ia akan berinteraksi dengan sel darah putih (sel darah yang memberikan kekuatan pada sistem imun). Bila sel darah putih menurun kekuatannya, Anda secara otomatis tidak bisa melawan infeksi. 

Solusi: Obat-obatan seperti antihistamines dapat meredakan gejalanya, namun flu adalah virus yang artinya tidak obat yang dapat menghentikannya dengan segera. Yang bisa Anda lakukan adalah menambah jam istirahat (coba untuk mendapatkan tidur 7 jam semalam) untuk membangun kembali sistem imun Anda. Meditasi juga dapat membantu meredakan parahnya flu dan durasi infeksi pernapasan hingga 60% dan 43%. 

 

Otot Kaku 

Saat tubuh merasakan bahaya, otot akan tegang. Ini akan berakibat ke nyeri dan kaku di leher, punggung dan bahu. Energi stress juga akan mempengaruhi postur Anda dan membuat tekanan pada sendi. 

Solusi: Stretching dapat menjadi solusi untuk menurunkan tekanan. Letakkan tangan di belakan kepala untuk membentuk posisi dada terbuka. Putar badan ke kiri dan ke kanan untuk merilekskan otot punggung. Perhatikan pose duduk Anda, pastikan untuk selalu duduk tegak. University of Auckalan pernah mengadakan penelitian dimana mereka menemukan bahwa posisi duduk yang bagus dapat mengurangi stress dan membuat mood lebih baik. 

10 Cara perawatan rambut tanpa kamu pergi ke salon.. 

Ternyata, salah satu tips untuk mendapatkan rambut indah nggak hanya perlu ke salon untuk melakukan perawatan rutin, lho. Tapi, rambut indah juga tergantung dengan pola dan cara keramasmu. Coba diperhatikan cara keramas yang tepat ini dan pastikan kamu sudah melakukannya.

Sesuaikan intensitas keramas dengan jenis rambut

Fungsi keramas memang untuk membersihkan rambut. Namun, bukan berarti kamu harus keramas setiap hari. Fungsi dan kebutuhan keramas itu tergantung dengan jenis rambut masing-masing setiap orang. Untuk jenis yang kering, keramaslah 1-2 kali seminggu, untuk rambut normal, keramas 2-3 hari sekali, sedangkan untuk rambut berminyak kamu disarankan untuk keramas setiap hari. Pasalnya, semakin sering keramas bisa membuat kulit kepala dan rambutmu semakin kering, jadi, pastikan intensitas keramas sesuai dengan kondisi kulit kepala dan rambutmu.

Perhalus rambut dengan sisir sebelum dicuci

Agar rambut lebih lembut, pastikan kamu menyisir rambut terlebih dahulu sebelum membasahinya. Membiarkan rambut kusut saat keramas akan membuat rambutmu mengalami kerontokan.

Buka pori-pori kulit kepala sebelum menggunakan shampoo

Membasuh rambut dengan air hangat terlebih dahulu bisa membantu membuka pori-pori kulit kepala dan membantu membersihkan kulit kepala rambut dari kotoran dan juga debu. Keramas dengan air hangat sangat berguna untuk rambut berminyak karena air hangat dapat membantu mengurangi kandungan minyak di kepalamu.

Usapkan shampoo mulai dari ujung lalu ke akar

Untuk mengaplikasikan shampo, pastikan kamu meletakannya ke telapak tangan sebelum mengusapkannya ke kepala. Untuk mengaplikasikannya juga perlu diperhatikan, mulailah dari ujung rambut ke akar rambut untuk menghindari penumpukan shampoo yang dapat menyebabkan munculnya ketombe.

Conditioner dapat menghaluskan ujung rambut

Setelah memakai shampoo, jangan lupa bilas kembali menggunakan air hangat yang diikuti dengan pemakaian conditioner di ujung rambut untuk menjaga kelembutannya dan menghindari ujung rambut kering, rapuh serta bercabang.

Tutup pori-pori setelah menggunakan shampoo

Setelah didiamkan beberapa menit, basuh kembali rambutmu dengan menggunakan air hangat yang diikuti dengan air dingin. Air dingin berguna untuk menutup kembali pori-pori kulit kepalamu yang telah dibersihkan menggunakan shampoo tadi dan menyerap berbagai formula dari produk shampoo yang kamu gunakan dan menjaga kelembapan rambut.

• Keringkan dengan handuk mulai dari akar

Untuk mengeringkan rambut dengan handuk, pastikan kamu memulainya dari akar rambut lalu menuju ke ujung rambut. Pastikan kamu tidak menggosok-gosok rambut dengan kasar dengan menggunakan handuk karena bisa menyebabkan rambut kering, rapuh serta bercabang. Lebih baik, tepuk perlahan rambutmu dengan handuk tadi.

• Gunakan vitamin sebelum mem-blow rambut

Untuk tatanan yang lebih rapih, menggunakan blow rambut akan membuat penampilanmu lebih maksimal. Namun, usahakan untuk tidak menggunakan blow rambut lebih dari dua kali seminggu karena akan membuat rambutmu mudah kering karena paparan panas dari hair dryer tersebut. Jangan lupa pakai vitamin agar rambutmu tidak kering akibat panas dari hari dryer.

• Perhatikan jarak hair dryer tidak kurang dari 15cm

Saat menggunakan hair dryer, pastikan kamu tidak meletakannya lebih dekat dari 15cm karena akan membuat rambut menjadi kering dan juga pecah-pecah.

• Mulai blow dari bagian belakang

Mem-blow rambut memang ada triknya. Untuk review hasil yang maksimal, pastikan kamu membagi rambut dengan beberapa bagian dan mulailah mem-blow dari bagian belakang ke depan.

11 Tipe Guru yang Pasti Ada di SMA-mu. Mana Favoritmu?

Banyak yang bilang kalau masa di SMA adalah masa terindah yang pernah kita lalui. Mulai dari cerita pertemanan, cinta, sampai juga kenakalan semuanya akan jadi memori indah yang susah hilang. Tapi selain ketiga hal tersebut, kenangan lain yang tak mungkin terlupa adalah cerita tentang guru-guru SMA yang kalau teringat suka bikin senyum-senyum sendiri.

Nah kali ini IDN Times akan ajak kamu bernosalgia mengingat-ingat kembali karakter guru SMA yang harusnya sih ada di sekolahmu dulu.

1. Guru super galak.

mashable.com

Di sekolahmu pasti ada deh guru yang terkenal paling ditakutin satu sekolah. Biasanya nih kalau pas jam pelajaran dia kelas pasti sepi banget kayak lagi acara ijab qobul. Ya maklumlah guru galak kan paling gak suka kalau ada murid yang berisik.

2. Guru tukang gosip yang hobinya menggosok berita biar makin sip.

giphy.com

“Ssh jangan bilang siapa-siapa ibu Markonah kan dulu mantan pacarnya Pak Sarkonah. Cuma mereka gak nikah. Hehehe”

Gak beda jauh sama murid-murid yang suka gosip, guru pun ada yang juga punya hobi serupa. Guru tukang gosip biasanya selalu up date sama gosip-gosip tentang artis sampai berita terkini di sekolah. Beliau ini adalah sumber informasi paling yahud mulai dari yang valid kebenarannya sampai yang gak jelas datang dari mana.

3. Guru pelawak yang bikin sekolah jadi semarak.

i-am-bored.com

Sedisplin dan sekeras apapun sekolahmu pasti ada deh guru yang hobinya ngelucu. Guru seperti ini sudah jelas akan jadi favorit setiap murid. Belajar sama doi akan bikin harimu gak membosankan dan menyenangkan.

4. Guru yang suka kasih tugas tapi gak pernah ngasih nilai.

republika.co.id

“Anak-anak kerjain ya LKS halaman 50-53 nanti dikumpulin ke ketua kelas biar langsung ibu nilai”. Tapi ya gitu deh nilainya gak tahu kapan keluarnya.

5. Guru yang suka kasih ujian mendadak.

buzzfeed.com

Begitu masuk kelas guru model begini dengan enaknya akan bilang “Ya anak-anak masukin buku ke dalam tas pagi ini kita akan ada ujian”. Nah kalau ada murid yang protes biasanya dia akan ngomong “Harusnya kalian siap ujian kapan aja, dong. Tugas murid itu belajar jadi kalau ada ujian siap”.

6. Guru “golden ways” alias tukang kasih nasehat.

rebloggy.com

Di sela-sela jam mengajarnya guru ini akan kasih nasihat ke murid-muridnya mulai dari yang berbau agama, hidup, sampai asmara. Meskipun membosankan kadang jadi asyik juga karena dia (biasanya) akan lupa kalau lagi mengajar.

7. Guru genit yang sering godain murid-murid cantik.

reddit.com

Coba deh ingat-ingat lagi di masa SMA dulu pasti ada spesies guru genit yang hobi godain murid-murid cantik. Mulai dari yang sekadar ngajak ngobrol sampai yang dipacarin beneran juga ada. Benar gak?

8. Guru yang senang periksa buku catatan.

techtimes.com

Setiap jam pelajarannya, semua murid harus siapin buku catatan karena dia bakal keliling buat memeriksa kelengkapan catatan muridnya.

9. Guru yang suka meninggalkan murid di kelas.

rebloggy.com

Guru yang sering “absen” pas jam mengajar biasanya jadi favorit para murid. Dia akan datang sebentar habis itu kasih tugas ke ketua kelas dan cabut entah kemana.10. Guru yang sering minta muridnya maju ke depan untuk mengerjakan soal di papan tulis.

myenglishexpressions.wordpress.com

Selain guru galak, guru yang sering minta muridnya maju ke depan juga bikin jantung gak karu-karuan. Umumnya setelah menjelaskan sebuah materi guru tersebut akan meminta secara random murid mana yang akan mengerjakan soal di depan kelas. Sialnya saat mengerti materi yang diajarkan bukan kita yang disuruh maju. Tapi giliran pas gak merhatiin eh malah diminta mengerjakan.

11. Guru spesialis cukur rambut murid laki-laki. 

smktelkom-bjb.sch.id

Dilarang berambut panjang buat murid laki-laki kayaknya jadi aturan yang berlaku (hampir) di setiap sekolah. Makanya gak heran nih kalau ada guru yang spesialis bertugas memangkas rambut murid yang melanggar aturan seperti ini.

Dari 11 karakter yang sudah IDN Times bahas di atas mana nih yang paling mirip sama guru di SMA kamu dulu.. 

4 Hal yang positife dalam kebiasaan bergosip..

Siapa diantara kalian yang tidak pernah bergosip? Baik pada teman, keluarga ataupun pasangan kalian? Sepertinya kebiasaan bergosip sudah melekat dengan kehidupan sehari-hari. Perilaku ini tidak hanya digemari oleh para perempuan saja, tetapi lelaki pun juga sering melakukannya hanya saja topik pembicaraanya berbeda. 

Kalian tahu tidak apa penyebab utama seseorang senang bergosip? Ternyata ada efek positifnya loh dari kebiasaan yang sering dianggap negatif ini.

Kenapa senang bergosip?

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian, terdapat dua hal yang sangat berkaitan dengan perilaku bergosip. Diantaranya adalah:

Social power

Dalam sebuah hubungan sosial tentunya akan ada kelompok-kelompok sosial kecil yang mengesklusifkan anggotanya. Biasanya salah satu dari anggota kelompok tersebut adalah seseorang yang sangat berpengaruh pada lingkungan sosialnya, sehingga ia merasa bahwa dirinya memiliki derajat yang lebih tinggi daripada orang lain di lingkungan tersebut. Jadi ia bebas melakukan apapun yang ia mau sesuai dengan kehendaknya. 

Lain halnya dengan suatu kelompok yang memang senang mengumpulkan berbagai informasi seseorang untuk menjadi bahan topik pembicaraan dengan anggota kelompoknya. Biasanya mereka yang senang mengumpulkan informasi ini kehidupannya selalu diburu rasa ingin tahu segala hal di lingkungannya. Terlebih kepada orang yang ia tidak suka.

Interaksi sosial

Karena pada dasarnya setiap manusia senang berinteraksi sosial, seseorang akan secara terus menerus mencari bahan pembicaraan agar hubungan dengan orang lain tidak terputus begitu saja. Terutama para perempuan yang memiliki tingkat ketergantungan hubungan sosial yang lebih tinggi dibandingkan laki-laki. 

Kondisi seperti ini yang tidak menutup kemungkinan seseorang untuk membicarakan segala hal yang ia ketahui dan akan keluar begitu saja dari mulut tanpa disadari. Konsep membicarakan segala hal biasanya digeneralisasikan pada kebiasaan bergosip yang menganggap hal tersebut bukan suatu bentuk perilaku negatif. Biasanya pembicaraan ini berlangsung singkat dan ringan saat membahas sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar terkait dengan kehidupan orang lain.

Manfaat positif dari bergosip

Jika memang demikian keadaanya, biasanya bergosip identik dengan hal-hal negatif yang akan dibahas dan tentunya akan berdampak negatif pula dalam lingungan sosial dan juga untuk diri kalian. Berdasarkan hasil penelitian, kebiasaan bergosip ini memiliki sisi positif loh. Ini berlaku untuk para penggosip dan juga bahan yang digosipkan. Diantaranya sebagai berikut:

Bahan evaluasi diri

Kembali kepada hal dasar dari seorang manusia yang tidak pernah terlepas dari berbuat salah. Sering kali hal tersebut tidak kita sadari dan terkadang hal tersebut sudah menjadi kebiasaan yang melekat dalam diri kalian. 

Ketika kalian menjadi salah satu bahan yang digosipkan, kalian tidak perlu sedih ataupun marah kepada orang yang menggosipkan kalian. Justru hal yang harusnya kalian lakukan adalah mengevaluasi diri sendiri terlebih dahulu. Benarkah apa yang dikatakan orang tersebut sesuai dengan kenyataan yang terjadi pada diri kalian atau malah sebaliknya. Jika memang benar, maka segeralah perbaiki diri dan jika memang apa yang dikatakan oleh orang tersebut tidak sesuai dengan kenyataanya, biarkan saja. Tidak perlu kalian tanggapi secara berlebihan. Biarkan orang lain yang menilai apakah gosip yang tersebar luas itu benar adanya atau tidak.

Melatih kemampuan berkomunikasi

Ketika kalian memiliki banyak informasi tentunya kalian akan memiliki banyak bahan topik pembicaraan dengan orang lain. Buatlah kebiasaan bergosip ini menjadi hal yang bersifat positif dengan cara kalian bisa membahas tentang isu-isu sosial, hasil penelitian, cara belajar yang efektif dan sebagainya. Dengan begitu kalian akan terhindar dari perbincangan yang tidak bermanfaat. Jika kalian ingin memembicarakan orang lain sebagai topik pembicaraan, ada baiknya kalian membicarakan hal-hal positif yang ada pada orang tersebut agar hal-hal tersebut juga bisa menjadi contoh dan bisa diaplikasikan pada kehidupan kalian loh.
Selain itu hal positif yang bisa kalian dapatkan dari kebiasan ini adalah, kalian tidak akan pernah berhenti untuk mencari tahu segala hal hingga hal-hal kecil dan dianggap sepele dengan orang lain. Dengan begitu kalian tidak akan pernah kehabisan bahan topik pembicaraan, kalian juga akan terlihat lebih berwawasan luas atau lebih cerdas dikarenanya.
Berkembangnya nilai sosial

Jika kalian menarik diri dan tidak ingin berinteraksi dengan orang lain tentunya kebaisaan ini sangat tidak baik dan tentunya akan menimbulkan kerugian bagi diri kalian. Mengapa? Karena jika kalian melakukan hal seperti itu, kalian tidak akan mengetahui apakah yang kalian lakukan benar atau tidak, sesuai atau tidak, pantas atau tidak. 
Kalian akan merasakan bahwa ketika kalian menajdi bahan gosip dari suatu kelompok, dua hal yang harus kalian perhatikan. Pertama, cek terlebih dahulu apakah berita tersebut mengarah kepada hal positif atau tidak dalam diri kita. Jika mengarah kepada hal positif itu artinya kalian menjadi contoh dalam berperilaku dan kalian sudah berlaku sesuai dengan norma sosial di lingkungan tersebut. Tetapi perlu kalian waspadai ketika berita yang kalian dapat mengarah kepada hal yang negtaif, bisa jadi mereka tidak mengenal diri kalian secara baik atau mereka juga mendapatkan berita tersebut dari orang lain yang tentunya sudah menambahkan informasi-informasi palsu didalamnya. 
Kedua, mungkin mereka memiliki rasa iri terhadap kehidupan yang kalian miliki atau mungkin kalian kurang berbaur. Ada baiknya kalian tidak menjauhi kelompok tersebut, justru sebaliknya. Mulailah untuk berinteraksi dengan mereka agar keaslahpahaman diantara kalian. 
Kondisi ini tentunya membawa dampak positif bagi kalian. Tidak hanya menghindari diri dari bahan gosipan, kalian juga akan memperluas jaringan komunikasi dengan orang lain.
Membangun kedekatan secara emosional

Ketika kalian membahas sesuatu dengan orang lain dan orang tersebut memiliki pendapat yang sama, secara otomatis akan terbentuk suatu hubungan kedekatan satu sama lain. Kedekatan emosional ini tidak dapat terlihat secara langsung namun ini akan berkembang sesuai dengan kesamaan dan kecocokan satu sama lain berdasarkan berbagai hal. Tidak jarang mereka yang memiliki kesamaan dalam pola pikir dan cara membahas sesuatu memiliki tipe kepribadian yang hampir mirip.
Ini menjawab pertanyaan dari berbagai pihak mengenai mengapa biasanya dalam satu kelompok memiliki pola interaksi dan hubungan sosial yang hampir mirip satu sama lain ketika anggota kelompok tersebut terpisah dan mencoba berbaur dengan yang lainnya.

Tips percaya diri ala selebritis dunia.. 

Rasa percaya diri tak dimiliki oleh semua orang. Bagi orang yang cenderung pemalu dan tertutup, rasa minder kerap menghantui. Untuk moeslemates yang merasa kurang percaya diri, yuk coba intip tips dari para selebritas dunia berikut.

Emma Roberts

Emma Roberts berprinsip bahwa ia berpakaian untuk membuat dirinya nyaman, tak peduli apa pendapat orang lain. Menurutnya, semua tergantung pada rasa percaya diri sendiri dan bagaimana membawa diri untuk menunjukkannya pada orang lain.

Lily Collins

Menurut Lily Collins, memiliki ketertarikan pada hal yang sama dengan lawan bicara itu penting. Karena pada saat kita mulai terbuka dan merasa pembicaraan mulai ‘klik’, tentu kita akan merasa lebih nyaman dan percaya diri.

Nina Dobrev

Nina Dobrev beropini bahwa dalam hidup ini setiap orang punya kekhawatiran masing-masing. Tapi di satu titik kita akan sadar bahwa tiap orang memang berbeda dan tak ada gunanya saling membandingkan. Suatu hal yang dikenakan atau dilakukan orang lain tak akan jadi sama pada diri kita karena memang begitulah jalannya.

Jordin Sparks

Menurut Jordin Sparks, tak apa jika merasa penampilan kita tak sebaik orang lain. Tapi yang penting untuk diingat adalah meyakini diri bahwa kita cantik, kuat dan sangat berharga.

Demi Lovato

Demi Lovato merasa kurang percaya diri dengan tubuhnya yang berisi, bukan bak model. Itulah sebabnya ia selalu berusaha berpakaian yang sesuai untuk bentuk tubuhnya dan pastinya nyaman dikenakan.

Intinya, untuk jadi lebih percaya diri kita harus berani dan yang terpenting yakin pada kemampuan diri sendiri. Set your confidence level high! 🙂