10 Cara perawatan rambut tanpa kamu pergi ke salon.. 

Ternyata, salah satu tips untuk mendapatkan rambut indah nggak hanya perlu ke salon untuk melakukan perawatan rutin, lho. Tapi, rambut indah juga tergantung dengan pola dan cara keramasmu. Coba diperhatikan cara keramas yang tepat ini dan pastikan kamu sudah melakukannya.

Sesuaikan intensitas keramas dengan jenis rambut

Fungsi keramas memang untuk membersihkan rambut. Namun, bukan berarti kamu harus keramas setiap hari. Fungsi dan kebutuhan keramas itu tergantung dengan jenis rambut masing-masing setiap orang. Untuk jenis yang kering, keramaslah 1-2 kali seminggu, untuk rambut normal, keramas 2-3 hari sekali, sedangkan untuk rambut berminyak kamu disarankan untuk keramas setiap hari. Pasalnya, semakin sering keramas bisa membuat kulit kepala dan rambutmu semakin kering, jadi, pastikan intensitas keramas sesuai dengan kondisi kulit kepala dan rambutmu.

Perhalus rambut dengan sisir sebelum dicuci

Agar rambut lebih lembut, pastikan kamu menyisir rambut terlebih dahulu sebelum membasahinya. Membiarkan rambut kusut saat keramas akan membuat rambutmu mengalami kerontokan.

Buka pori-pori kulit kepala sebelum menggunakan shampoo

Membasuh rambut dengan air hangat terlebih dahulu bisa membantu membuka pori-pori kulit kepala dan membantu membersihkan kulit kepala rambut dari kotoran dan juga debu. Keramas dengan air hangat sangat berguna untuk rambut berminyak karena air hangat dapat membantu mengurangi kandungan minyak di kepalamu.

Usapkan shampoo mulai dari ujung lalu ke akar

Untuk mengaplikasikan shampo, pastikan kamu meletakannya ke telapak tangan sebelum mengusapkannya ke kepala. Untuk mengaplikasikannya juga perlu diperhatikan, mulailah dari ujung rambut ke akar rambut untuk menghindari penumpukan shampoo yang dapat menyebabkan munculnya ketombe.

Conditioner dapat menghaluskan ujung rambut

Setelah memakai shampoo, jangan lupa bilas kembali menggunakan air hangat yang diikuti dengan pemakaian conditioner di ujung rambut untuk menjaga kelembutannya dan menghindari ujung rambut kering, rapuh serta bercabang.

Tutup pori-pori setelah menggunakan shampoo

Setelah didiamkan beberapa menit, basuh kembali rambutmu dengan menggunakan air hangat yang diikuti dengan air dingin. Air dingin berguna untuk menutup kembali pori-pori kulit kepalamu yang telah dibersihkan menggunakan shampoo tadi dan menyerap berbagai formula dari produk shampoo yang kamu gunakan dan menjaga kelembapan rambut.

• Keringkan dengan handuk mulai dari akar

Untuk mengeringkan rambut dengan handuk, pastikan kamu memulainya dari akar rambut lalu menuju ke ujung rambut. Pastikan kamu tidak menggosok-gosok rambut dengan kasar dengan menggunakan handuk karena bisa menyebabkan rambut kering, rapuh serta bercabang. Lebih baik, tepuk perlahan rambutmu dengan handuk tadi.

• Gunakan vitamin sebelum mem-blow rambut

Untuk tatanan yang lebih rapih, menggunakan blow rambut akan membuat penampilanmu lebih maksimal. Namun, usahakan untuk tidak menggunakan blow rambut lebih dari dua kali seminggu karena akan membuat rambutmu mudah kering karena paparan panas dari hair dryer tersebut. Jangan lupa pakai vitamin agar rambutmu tidak kering akibat panas dari hari dryer.

• Perhatikan jarak hair dryer tidak kurang dari 15cm

Saat menggunakan hair dryer, pastikan kamu tidak meletakannya lebih dekat dari 15cm karena akan membuat rambut menjadi kering dan juga pecah-pecah.

• Mulai blow dari bagian belakang

Mem-blow rambut memang ada triknya. Untuk review hasil yang maksimal, pastikan kamu membagi rambut dengan beberapa bagian dan mulailah mem-blow dari bagian belakang ke depan.

Tinggalkan komentar